Saturday, February 6, 2016

Penyebab Jerawat dan Cara Mengobati Dengan Bahan Alami Paling Manjur

Bahan Alami Cara Hilangkan Jerawat Bandel di Wajah - Pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih dalam apa itu jerawat, mengapa bisa muncul, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Baiklah kita bahas satu per satu topik tentang si bandel yang suka tumbuh di wajah ini. Jerawat atau dalam bahasa latinnya disebut Propionibacterium acnes (P. acne) merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh kelenjar hormon yang tidak terkontrol. Sebelum kita menyembuhkan jerawat alangkah baiknya untuk mengetahui faktor-faktor penyebab munculnya jerawat.
cara menghilangkan jerawat di wajah

Berikut beberapa penyebab tumbuhnya jerawat di wajah

  • Produksi minyak berlebih
Tubuh memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dari biasanya. Hal akan menyebabkan folikel rambut dan pori-pori menjadi tersumbat dan minyak sebum yang menumpuk karena sumbatan tersebut akan akan berkembang menjadi bakteri penyebab jerawat.
  • Sel kulit mati
Umumnya jerawat disebabkan karena kelenjar minyak yaitu berupa hormon yang disebut androgen. Kemudian bercampur dengan sel kulit mati, ketika sel kulit mati bercampur dengan minyak sebum dan kotoran kemudian menempel pada kulit yang menebal menjadi bintik hitam atau putih. Banyak orang beranggapan bahwa jerawat hanya akan tumbuh di bagian wajah, namun tempat tumbuhnya jerawat tidak hanya itu, ada yang di punggung, dada, leher serta bahu.

  • Penyebab kosmetik
Penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak maupun bedak foundation yang terlalu tebal kemudian tercampur dengan produksi kelenjar minyak di kulit, juga dapat menyumbat pori-pori kulit. Sebaiknya hindari aktifitas berkeringat saat sedang menggunakan bedak foundation.

  • Obat-obatan
Mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung kartikosteroid baik itu obat untuk diminum atau obat oles yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga dapat menjadi pemicu tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.

  • Kuman ponsel
Apabila terlalu sering digunakan, lapisan layar ponsel menjadi sarang berkembangnya bakteri dan kuman, terutama ponsel layar sentuh, bakteri bisa berpindah saat anda sedang menelpon dan menempelkan permukaan layar ke pipi. Ada baiknya membersihkan layar ponsel sebelum anda melakukan panggilan telepon.

  • Makanan Manis dan Berlemak
Orang yang mengalami stres tidak secara langsung dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, melainkan pola makan mereka yang identik dengan makanan manis dan berlemak merupakan faktor utama produksi minyak berlebih dalam tubuh.
ramuan alami pembasmi jerawat

Cara Mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami di Sekitar Kita

  • Tomat Segar + Madu
Buah tomat yang kaya akan vitamin C dipercaya mampu atasi jerawat membandel. Kandungan vitamin didalam buah tomat akan meresap di kulit dan membuat kulit lebih segar, cerah dan segar. Cara memanfaatkan: ambil 2 buah tomat, potong tipis-tipis atau haluskan, campur dengan 2 sendok madu, gunakan sebagai masker. Setelah 20 menit bersihkan dan bilas dengan air hangat.

  • Bawang Putih
Bahan seperti sulfur, zat besi dan kalsium banyak terkandung dalam bawang putih. Bahan-bahan ini berfungsi sebagai antibiotik dan antifungal yang dapat menghaluskan kulit. Beberapa ilmuan juga mengatakan bawang putih mampu menyembuhkan jerawat. Berikut caranya, ambil 3 siung bawang putih segar kemudian geprak hingga keluar sarinya. Tempelkan di daerah berjerawat hingga merata, tunggu 10 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

  • Jeruk Nipis dan Lemon + Madu
Seperti bahan alami lainnya, jeruk nipis dan lemon mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Mana yang lebih bagus antara jeruk nipis dan lemon, keduanya bagus hanya saja jeruk lemon sedikit lebih unggul. Apalagi untuk jerawat, kandungan vitamin C yang sangat tinggi mampu menangkal radikal bebas sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya, Ambil satu buah jeruk nipis atau lemon, peras ambil airnya kemudian campur dengan sedikit madu. Kombinasi keduanya menghasilkan manfaat yang luar biasa, dimana jeruk nipis atau lemon berguna sebagai antioksidan untuk menghentikan peradangan, sedangkan madu berfungsi sebagai antiseptik penghilang bakteri.

  • Masker Kunyit
Alternatif lain jika tidak ada bahan bahan alami diatas ialah kuyit. Kunyit yang identik dengan warna kuning alaminya ini dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat. Cara pakainya ialah dengan memarut kunyit kemudian menggunakannya sebagai masker selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Sari kunyit selain menyembuhkan jerawat juga sangat bagus untuk membersihkan komedo dan membuat kulit menjadi cerah alami.

Diatas merupakan beberapa cara alami dalam mengobati masalah jerawat. Jerawatan memang sangat mengganggu penampilan, apalagi kalau tumbuhnya banyak, uhh.. pasti bikin malu dan orang yang melihat kita jadi enggan untuk menyapa. Tapi semua bisa diatasi apabila kita tahu tips dan triknya, yang penting adalah yakin dan percaya diri jangan takut dan pernah menyerah mengahadapi suatu masalah, apalagi cuma jerawat, karena semua pasti ada obatnya.

No comments:

Post a Comment